Sabtu, 28 April 2018

DANPOS KORAMIL 02/TEBING TINGGI BERIKAN MATERI UPAYA DAN TINDAKAN PENCEGAHAN TERJADINYA KARHUTLA

Selatpanjang (27/04/2018) Danpos Koramil 02/Tebing tinggi memberikan materi tentang pencegahan kebakan hutan dan lahan pada Acara “Sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan” di Aula Kantor Kecamatan Tebing tinggi barat Kabupaten Kepulauan Meranti yang selenggarakan oleh Dinas lingkungan hidup dan Kehutanan Provinsi Riau.
Acara sosialisasi Pencegahan Karhutla dibuka secara langsung oleh Sekcam Tebing tinggi barat dan  menghadirkan tiga narasumber antara lain dari BPBD Kab. Kep. Meranti, Polsek Tebing tinggi barat dan Koramil 02/Tebing tinggi. Dari Koramil 02/Tebing tinggi  sebagai narasumber Peltu Lakattang.
Peserta Sosialisasi dari Masyarakat Peduli Api (MPA) sekitar 50 orang dari masing-masing Desa yang dianggap rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kec. Tebing tinggi barat.
Peltu Lakatang mengatakan,  Memberdayakan masyarakat dalam pencegahan Karhutla, seharusnya dimulai dari membangun SDM Masyarakat (MPA) agar memiliki kemampuan kepribadian, kreatifitas, dan daya pikir yang lebih baik serta tanggung jawab untuk melakukan tindakan dan upaya agar tidak terjadi  (Bencana Alam) Karhutlah seperti Mengawasi Titik Rawan Karhutla, Melakukan Patroli dan Pengawasan Lebih Ketat, Mempersiapkan Peralatan Pemadaman Karhutla, Membuat tempat penampungan air, Melakukan penyuluhan tentang bahaya Karhutla, Tidak sembarang membakar, Memastikan bila ada api benar benar mati dan selalu Siap siaga, pungkasnya.
Diakhir Sosialisasi juga diadakan Tanya jawab tentang materi yang disampaikan oleh ketiga nara sumber. Dinas Lingkukan hidup dan kehutanan provinsi Riau mengucapkan terima kepada para narasumber yang telah memberikan materi dan semua pihak yang hadir, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.(Penrem 031/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar