Senin, 15 Januari 2018

Bersama Simokos Kelompok Tani Makmur Lestari Kelurahan Panekan Bisa Menambah Pengetahuan Dan Wawasan

Panekan,- Babinsa Koramil 0804/03 Panekan serma Sukarno dan Pelda Sugianto melaksanakan sosialisasi singkat dan pengenalan SI MOKOS (Sarana Informasi Motor Komunikasi Sosial) di kelurahan panekan RT 07 RW 01 kecamatan Panekan kabupaten magetan pada kelompok tani makmur lestari yang dihadiri 30 0rang kelompok tani guna mengikuti penyuluhan pertanian lewat sarana interaksi motor komunikasi yamh sering di sebut Si Mokos  dan saat ini tentu masyarakat masih belum mengenal dan belum tahu dan mengenal apa itu simokos. Senin (15/01/2018)

Sekilas tak ada yang berbeda dengan kendaraan roda tiga ini. Namun, jika diperhatikan detail, motor bernuansa hijau ini akan sangat nampak sekali perbedaannya. Bagaimana tidak, motor yang dijuluki Simokos ini ternyata dilengkapi dengan layar televisi, sound system dan buku dongeng anak anak serta majalah TNI seperti Patriot dan Majalah dari Kodam V/Brawijaya serta Buku tentang budidaya tanaman dari dinas pertanian.

Dandim 0804/Magetan, Letkol Arm Heri bayu Widiatmoko mengatakan, Simokos ini kendaraan non alutsista, hasil inovasi dari Kodam V/Brawijaya yang digunakan sebagai sarana pemberdayaan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dandim 0804Magetan Letkol Arm Heri bayu Widiatmoko menuturkan, Simokos  memiliki nilai lebih, khususnya berinteraksi sosial dengan masyarakat, baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan. “Interaksi sosial juga tidak mengenal batas, siapa saja yang dijumpai, entah itu pelajar, petani, karyawan hingga perangkat desa atau kelurahan. Simokos bisa mampir kapan saja dan dimana saja, karena fungsinya yang tanpa mengenal batas,” terangnya.


Pada kesempatan yang baik ini kami perkenalkan simokos di lingkungan kelompok tani kelurahan Panekan Kecamatan Panekan magetan, ini merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh aparat pemerintah utamaya TNI AD khususnya Babinsa dalam berinteraksi dengan masyarakat, rakyat melalui berbagai metode komunikasi sosial yang interaktif , simokos ini dilengkapi dengan multi media, buku ,majalah dan outbond dengan menawarkan program program yang cukup banyak diantaranya wasbang, pancasila,narkoba,UUD 45,Bhinika Tunggal Ika, NKRI,Pramuka, Proxy War, Terorisme, Pertanian,Nobar Film Perjuangan dan masih banyak yang lain simokos hadir untuk masyarakat diwilayah yang sangat membutuhkan program program pemberdayaan secara praktis, cepat, tepat,akurat dan mudah di jangkau simokos juga bisa difungsikan sebagai sarana penampung  aspirasi masyarakat untuk disalurkan kepada yang berkompeten, ungkap Danramil 0804/03 Panekan Kapten Inf Kiswanto SE disela aktivitasnya.
perwakilan dari babinsa koramil panekan pelda Sugianto menyampaikan tentang simokos masuk desa kususnya Rt.  07/01 Kelurahan Panekan.  motor komsos ini sangat praktis digunakan untuk memberikan berbagai macam informasi pada warga masyarakat,  disamping itu juga disampaikan alat ini di lengkapi buku-buku pintar berbagai bidang untuk menambah ilmu pengetahuan bagi warga masyarakat, serta sekilas di putarkan film tentang TNI latihan bersama untuk menjaga keutuhan NKRI.

Ketua Rt 07/01 kelurahan  Panekan mengucapkan banyak terima kasih kepada koramil 0804/03 Panekan yang sudi  mengenalkan motor simokos.  di warga kami,  di lingkungan Rt.  07/01 masyarakatnya sebagian besar sebagai petani.  tanah di kelurahan  panekan petani menanam bervariasi,  ada tanaman padi,  jagung,  bawang merah. serta tanah di sini ditanami terus menerus untuk pengairan sangat lancar. Babinsa kelurahan Panekan serma Sukarno  meghimbau kususnya petani warga kelurahan  panekan. musim tanam berikutnya agar menanam tanaman padi dengan tujuan untuk membantu swasembada ketahanan pangan.
Harapan dari simokos dapat memberikan informasi yang sedang terjadi di masyarakat dengan  memberikan penjelasan melalui sarana yang tersedia serta dapat meningakatkan kerjasama antara Babinsa, Babikamtibmas dan perangkat muspika dalam pembangunan wilayah, simokos juga bisa dijadikan wahana edukasi bagi pramuka, pelajar, mahasiswa, karang taruna maupun ormas dalam mewujudkan daya tahan daya tangkal didalam masyarakat terhadap pengaruh negatip  pada pemuda dan pelajar yang berdampak terhadap pembangunan di wilayah. Salam Si-Mokos Selalu Hadir Untuk Rakyat!!!, (tsr 0804)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar