Senin, 22 April 2013

Yonif 412/R Brigif 6/2 Kostrad dikirim ke Perbatasan Papua Nugini



SEMARANG, (www.brigif6kostrad.blogspot.com) -  Sebanyak 650 prajurit Batalyon Infantri Yonif 412/ Raider Brigif 6/2 Kostrad diberangkatkan ke  perbatasan Indonesia - Papua Nugini menggunakan KRI Banda Aceh di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Rabu (30/1).
Batalyon yang bermarkas di Purworejo tersebut nantinya akan menggantikan Yonif 408 / Suhbrastha yang telah habis masa tugasnya menjaga perbatasan. Mereka akan bertugas selama 6 hingga 7 bulan.
Sebelum pemberangkatan, mereka mengikuti upacara  yang dipimpin langsung Panglima Divisi Infateri 2 Kostrad, Mayjen TNI Setyo Sularso.

Dalam amanatnya, Pangdivif 2 Kostrad menegaskan tugas pokok yang diemban Yonif 412/6/2 Kostrad di daerah perbatasan adalah menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
"Kalian prajurit  dilatih untuk berperang dan menjadi garda terdepan untuk mempertahankan kedaulatan NKRI. Barang siapa yang mencoba mengganggu kedaulatan Indonesia akan berhadapan dengan prajurit TNI," tandasnya.
Dengan  situasi dan kondisi Papua yang rawan konflik saat ini, Pangdiv menekankan agar prajurit Yonif 412/6/2 Kostrad  tidak kenal ampun bagi musuh siapapun  yang mencoba mengganggu kedaulatan Indonesia.
Beliau mencontohkan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya yang saat itu sangat besar hancur bukan karena invansi asing, namun  karena dari dalam sendiri, keutuhan yang terpecah-pecah.
"Untuk itu sesuai tugas pokok TNI , prajurit harus menjaga kedaulatan dan wilayah serta menjaga segenap tumpah darah Indonesia sesuai dengan UU no 34 tahun 2004," jelasnya.
Sementara itu, selain mengemban tugas menjaga kedaulatan  wilayah  NKRI, Pangdiv menandaskan prajurit TNI yang dikirim juga mengemban misi lain yaitu  bersinergi dengan masyarakat setempat.
Diantaranya dengan memberikan beberapa perlengkapan untuk  membantu masyarakat di Papua seperti  obat-obatan, alat-alat permainan, alat olahraga serta buku untuk anak-anak dan masyarakat agar memiliki wawasan yang luas. (tsr brigif 6 K)

1 komentar:

  1. saya suka bgt sama yg berseragam2 saya fadel brondong 22 thn suka sama om2,, saya siap memuaskannya,,, pin; 2AB1B275

    BalasHapus